Pengertian Statistika


PENGERTIAN STATISTIKA
 
      Statistika adalah ilmu yang mempelajari bagaimana merencanakan, mengumpulkan, menganalisis,menginterpretasi, dan mempresentasikan data. Singkatnya, statistika adalah ilmu yang berkenaan dengan data. Ataustatistika adalah ilmu yang berusaha untuk mencoba mengolah data untuk mendapatkan manfaat berupa keputusandalam kehidupan. Istilah µstatistika¶ (bahasa Inggris: statistics) berbeda dengan µstatistik¶ (statistic). Statistikamerupakan ilmu yang berkenaan dengan data, sedang statistik adalah data, informasi, atau hasil penerapanalgoritma statistika pada suatu data.Statistika juga dapat diartikan sebagai ilmu yang mempelajari bagaimanamerencanakan mengumpulkan menganalisis menginterpretasi dan mempresentasikan data. Statistika merupakanilmu yang berkenaan dengan data sedangkan statistik adalah data informasi atau hasil penerapan algoritmastatistika pada suatu data. Beberapa istilah statistika antara lain: populasi sampel unit sampel dan probabilitas. Ada dua macam statistika yaitu statistika deskriptif dan statistika inferensial. Statistika deskriptif berkenaandengan deskripsi data misal dari menghitung rata-rata dan varians dari data mentah, mendeksripsikan menggunakantabel-tabel atau grafik sehingga data mentah lebih mudah ³dibaca´ dan lebih bermakna. Sedangkan statistikainferensial lebih dari itu misalnya melakukan pengujian hipotesis, melakukan prediksi observasi masa depan ataumembuat model regresi.

 
    Statistika deskriptif berkenaan dengan bagaimana data dapat digambarkan dideskripsikan) ataudisimpulkan baik secara numerik (misal menghitung rata-rata dan deviasi standar) atau secara grafis (dalambentuk tabel atau grafik) untuk mendapatkan gambaran sekilas mengenai data tersebut sehingga lebihmudah dibaca dan bermakna.

 
    Statistika inferensial berkenaan dengan permodelan data dan melakukan pengambilan keputusanberdasarkan analisis data misal melakukan pengujian hipotesis melakukan estimasi pengamatan masamendatang (estimasi atau prediksi) membuat permodelan hubungan (korelasi regresi ANOVA deret waktu)dan sebagainya.Sebagian besar konsep dasar statistika mengasumsikan teori probabilitas. Beberapa istilah statistika antara lain: populasi,sampel,unit sampel,dan probabilitas. Statistika banyak diterapkan dalam berbagai disiplin ilmu, baik ilmu-ilmu alam (misalnya astronomi dan biologi),ilmu-ilmu sosial (termasuk sosiologi dan psikologi),maupun di bidangbisnis, ekonomi, dan industri. Statistika juga digunakan dalam pemerintahan untuk berbagai macam tujuan, salahsatunya yaitu sensus penduduk yang merupakan salah satu prosedur yang paling dikenal. Aplikasi statistika lainnyayang sekarang popular adalah prosedur jajak pendapat atau polling (misalnya dilakukan sebelum pemilihan umum),serta jajak cepat (perhitungan cepat hasil pemilu) atau quick count. Di bidang komputasi, statistika dapat puladiterapkan dalam pengenalan pola maupun kecerdasan buatan.

0 komentar:

Posting Komentar